antena

Ngomong-ngomong tentang antena saya jadi inget foto ini :

antena7.jpg

Foto ketika seorang teman lagi manjat tower buat ngecek antena 8EH Radio ITB yang ada di rooftop gedung PAU ITB. Ga kerasa udah hampir satu setengah tahun berlalu sejak antena tersebut dirakit. Masih inget dulu waktu itu kita dari divisi teknik (Saya, Ichsan dan Handoko FT’04) yang belum pernah ngerakit antena tiba-tiba harus bikin antena buat gantiin antena sebelumnya yang udah rusak. Dengan bimbingan dan bantuan dari Pak Bram seorang dosen dari FSRD, kita diajarin ngerakit antena. Terus masih inget juga waktu kita bertiga mau masang antena tersebut, hampir seminggu baru bisa terpasang dengan baik. SWR nya yang tinggilah, kabel yang ga matching lah, padahal pas sebelumnya diukur dibawah ga ada masalah, ya maklum baru pertama kali jadinya ga tau trouble shooting nya gimana. Udah ga kehitung deh berapa kali manjat bolak-balik dengan pengaman yang seadanya (alias minim) sampe tuh antena akhirnya bisa dengan gagahnya nangkring disana. Tapi pas udah kepasang ternyata antenanya yahud juga, walaupun tampangnya tidak meyakinkan tapi gain dan jangkauannya cukup jauh, jauh lebih baik dari antena sebelumnya. Ga percuma deh panas-panasan manjat tower ampe gosong, hasilnya memuaskan, dan sampe sekarang antena tersebut kondisinya masih oke.

Advertisements

About alvanalvian

my name is alvan
This entry was posted in Catatan Harian. Bookmark the permalink.

4 Responses to antena

  1. ajissi says:

    wah ternyata lu antena engineer…
    lolos dah antena semester ini…

  2. alvanalvian says:

    amiienn…mudah2an lulus, walau kecil kemungkinannya..

  3. Randy says:

    Van, how r u?
    kabar gw baik…

    Wuih, serem juga tuh manjat2.. dg pengaman seadanya?? Huhuhu…

    PS: add gw d blogroll ya.. thx ^^

  4. arie says:

    jadi inget juga waktu kemaren manjat2 tower buat masang antena ma Bro Riko..

    sayang, akhir minggu ini harus dipindahin lagi.. di rooftop interferensinya tinggi banget.. radionya jadi ‘budeg’..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s