Value Added Service

Value added service, menurut definisi wikipedia adalah :

Value Added Service (VAS) is popular as a telecommunications industry term for non-core services, or in short, all services beyond standard voice calls and fax transmissions. However, it can be used in any service industry, for services available at little or no cost, to promote their primary business. In the telecommunication industry, on a conceptual level, value-added services add value to the standard service offering, spurring the subscriber to use their phone more and allowing the operator to drive up their ARPU.

ο»ΏKalau menurut saya pribadi sih, layanan selain basic service seperti telfon dan sms. VAS ini bisa diprovide oleh operator maupun melalui kerjasama dengan pihak ketiga.

Nah, pagi ini iseng-iseng saya browsing berbagai layanan VAS yang disediakan oleh Telkomsel (Masa ga tau produk sendiri :p). Jadi ceritanya selama ini saya hanya rutin menggunakan salah satu layanan VAS Telkomsel yaitu layanan Transfer Pulsa.

Transfer pulsa

Salah satu fitur yang amat berguna sekali buat para pengguna prepaid (simPATI dan KARTU AS). Fitur ini bisa digunakan untuk transfer pulsa dari simpati ke AS ataupun sebaliknya.

Format : *858*NomorTujuan*NominalPulsa#OK/YES.

Contoh : *858*08123456789*10000#OK

Pelanggan/Pengirim akan dikenakan biaya Rp. 600. Nominal yang ditransfer minimal Rp. 10.000 dan berlaku kelipatan 1000 untuk seterusnya. (IMHO, kalau bisa sih nominal transfer pulsanya bisa lebih kecil, min. Rp. 1000). Karena selama ini hanya menggunakan satu fitur Transfer Pulsa doang, iseng-iseng saya mencoba beberapa fitur VAS yang disediakan oleh Telkomsel, selengkapnya akan coba saya share disini.

SMS 2.0

Ini merupakan fitur yang menarik dan bermanfaat menurut saya. Awalnya saya pikir ini layanan yang “hanya” memberikan tampilan lebih kepada pelanggan ketika ber-SMS ria, ternyata ada nila lebih selain itu. Untuk dapat menikmati SMS 2.0 ini, pelanggan terlebih dahulu harus mengirim SMS registrasi ke 9089 untuk mendapatkan link guna mendownload aplikasi, Format : SMS2 Kirim ke 9089 (Tarif Halo:Rp. 125, simPATI:Rp. 100, Kartu AS : Rp. 88). Download aplikasi dikenakan biaya GPRS normal, besar file nya juga kecil, hanya beberapa KB saja.

Nah, selain bisa mewarnai background SMS, warna tulisan, gambar emoticon, dllnya..Fitur yang menurut saya bermanfaat adalah adanya teaser di bagian bawah SMS. Pada teaser itu akan diberikan berita/info yang telah disesuaikan dengan profile kita, karena saat registrasi pelanggan harus memasukkan kategori yang diminati (musik, politik, sport, entertainment, dkk). So, teaser itu akan sesuai dengan berita yang ingin kita ketahui. Berita yang kita lihat pada teaser berupa headline, ketika kita ingin melihat berita lengkap akan ada opsi untuk pergi ke website aslinya (tarif gprs nromal) dan opsi untuk berlangganan newspaper penyedia berita tersebut.

Teaser ada di bagian bawah, bisa di scroll kanan-kiri untuk lihat teaser lainnya
Klik Option untuk lihat Full Screen, Read More / Berlangganan
Tampilan Full Screen

Read More redirect ke website http://www.kompas.com

So, fitur yang bagus menurut saya. Pelanggan hanya keluarkan biaya SMS sekali untuk registrasi dan mendapatkan link u/ download aplikasi, download, install, isi profile, done. Selanjutnya anda bisa menikmati info/headline yang berguna menurut anda, for free. Tidak ada biaya berlangganan mingguan, bulanan/REG dkk, tarif sms yang dikenakan merupakan tarif sms normal.

informasi lengapnya bisa dilihat di : SMS 2.0

Location Based Service

Merupakan fitur yang berguna untuk mengetahui lokasi teman/pasangan/anak atau bawahan (untuk para bos, hehe..). untuk menikmati layanan ini, pertama-tama kita harus mendaftarkan Nomor Handset dan Nama orang yang ingin kita ketahui keberadaannya (Jadi ga seenaknya bisa lacak sembarang orang, harus ada persetujuan terlebih dahulu). Selanjutnya tinggal akses *250# dan ikutin instruksinya untuk dapat mengetahui keberadaan orang yang ingin diketahui posisinya. Hasil lokasinya bisa kita pilih berdasarkan SMS atau Maps.

Pelanggan cukup meminta izin untuk pelacakan sekali saja kepada teman yang ingin didaftarkan, untuk selanjutnya ketika melakukan pendeteksian hasil lokasi akan langsung dikirim ke no pengirim. Biaya Rp. 1000/SMS (sebelum ppn). So, untuk kamu yang nomornya sudah didaftarkan oleh teman, pacar, keluarga, atasan..hati-hati kalau ingin berbohong.. :p

Selain itu fitur ini juga menyediakan layanan untuk mengetahui jadwal waktu shalat di area anda.

Informasi selengkapnya : Location Based Service

Google SMS Translator

Kalau yang satu ini fungsinya mirip sama google translate dan memang kerjasama juga sama google. Berguna banget kalo kita pengen bikin kalimat dalam bahasa asing tapi bingung gimana nulisnya (curcol). Atau buat yang pengen nulis kata-kata romantis dalam bahasa asing seperti Bahasa Perancis, Spanyol, Jerman, Belanda, dll. Lumayanlah ga perlu buka kamus or buka browser dulu, cukup ketik sms aja.

SMS ke 4664

Reply dari 4664

Format SMS : <kode bahasa>:<kalimat yang ingin diterjemahkan>

Kode bahasa yang didukung saat ini :

Bahasa Inggris : EN, Bahasa Jerman : DE, Bahasa Perancis : FR, Bahasa belanda : NL, Bahasa Itali : IT, Bahasa Spanyol : ES, Bahasa Portugis : PT

Tarif layanan :

Kirim SMS ke 4664 : Rp. 100/sms (sebelum ppn)

Terima SMS dari 4664 : Rp. 100/sms (sebelum ppn)

*no registration

Informasi selengkapnya bisa dilihat disini : Google SMS Translator

Sekian beberapa aplikasi VAS dari Telkomsel yang sudah saya coba gunakan, mudah-mudahan bisa memberikan informasi yang bermanfaat πŸ™‚

Advertisements

About alvanalvian

my name is alvan
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Value Added Service

  1. Asop says:

    Oooooh VAS itu ini ya… πŸ™‚

    Makasih artikelnya ya. πŸ˜€

  2. alvanalvian says:

    Yang di artikel hanya beberapa fitur VAS saja, masih banyak fitur dan aplikasi lain. Mungkin bisa dicoba kalau ada fitur yang sesuai dan bermanfaat..
    πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s