Writing

Menulis itu tidaklah mudah…

Yups..!! Hal yang sudah saya sadari sejak jaman SD dahulu. Selama 6 tahun di SD, yang namanya Ulangan Umum Pelajaran Bahasa Indonesia pasti ada satu soal untuk menulis (mengarang). salah satu bagian yang paling tidak saya sukai, jawabannya hanya satu ” Saya tidak pandai mengarang ” oleh karena itu nilai karangan saya di setiap Ulangan Umum bahasa Indonesia bisa dikatakan so-so. Namun semakin kesini saya baru sadar, ternyata bukan tidak pandai mengarang, namun saya sedikit mengalami kesulitan untuk menulis. And I find it quite difficult in the begining. Ada beberapa hal yang menurut saya masih amat-sangat-kudu perlu diasah :

1. Memindahkan isi kepala ke tulisan

Dengan begitu banyak ide, pikiran, cerita di kepala kita..ga mudah untuk menuangkannya lewat tulisan, bahkan terkadang lewat lisan pun masih sulit. Salut banget sama orang-orang yang bisa menuangkan apa yang ada di pikirannya lewat tulisan, sehingga maksud yang ingin diutarakan bisa dimengerti dengan baik. Honestly, i envy those who can pour their mind into letters.

2. Alur/ Flow

Dulu saya sering baca novel/artikel yang menarik, nah biasanya selalu ada kolom testimonial atau review di bagian belakang. Dan saya amat sering menemukan testimonial yang berkata “tulisannya mudah dibaca, ceritanya begitu mengalir, alurnya sangat kuat, etc). Waktu itu sih ga ngeh itu artinya apa, namun setelah mahasiswa barulah saya mengerti apa itu alur. Bakal kerasa banget ketika baca tulisan yang alurnya bagus dan tidak. Saya pribadi sering merasa kesulitan untuk mengatur alur,Β  karena kita harus bisa membawa pembaca untuk mengikuti alur cerita yang ingin kita sampaikan.

3. Explore

Saya tipikal oranng yang to the point, alhasil tulisan yang dibuat pun jadi singkat-padat-merapat. Padahal, yang namanya tulisan itu berbeda dengan lisan. Selain menyampaikan pesan yang ingin diutarakan, kita juga harus bisa menggambarkan keadaan yang terjadi, baik suasana emosi, lokasi, latar belakang, dll. Itu merupakan faktor penting yang harus dimasukkan kedalam tulisan agar pembaca bisa mendapatkan informasi yang mendukung isi tulisan tersebut.

4. Pemilihan kata dan kalimat

Saya tertarik dengan istilah yang dikatakan teman saya “it’s not what you do, it’s how you do” . Pemilihan kata dan kalimat dalam tulisan dapat mempengaruhi impresi/makna yang didapat oleh pembaca. Selain untuk mempengaruhi impresi, pemilihan kata dan kalimat yang tepat juga membantu pembaca untuk lebih udah memahami tulisan.

Sebenernya masih banyak faktor penting lainnya, namun 4 point diatas adalah hal esensial yang harus saya pelajari untuk bisa menulis dengan baik. Dan sejujurnya, blog ini merupakan sarana saya untuk belajar menulis. Harapannya sih semoga aja dengan smakin sering menulis disini, secara tak sadar kemampuan saya bisa meningkat. πŸ™‚

Hehehe..

About alvanalvian

my name is alvan
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

7 Responses to Writing

  1. nico says:

    mas alvan, boleh nanya seputar mikrostrip gk, sy dah liat makalah skripsi anda, sy mw nanya sedikit ttg merancang antena mikrostrip..

  2. drama queen says:

    four excellent points.. (y)
    I absolutely agree with “alur”. Sometimes, even people who have a lot to say (ie. in contrast with your padat-singkat-merapat style) find it difficult to make their writing flow. Ada yang bilang sih dulu, “harus menemukan benang merahnya..”
    Also with “explore”, itu bener banget. We don’t want to just explain an incident dengan datar, that would just be dull..
    We want the reader to really feel and grasp our story, as if they were experiencing the moment with us. (lebay ya?)

    Nice quote by the way (y).Where did you get it from?

    “It’s not what you do, it’s how you do it..”

    xoxoxo
    _DQ-

  3. alvanalvian says:

    Credit of the quote belongs to you.. πŸ™‚

    • nico says:

      mas alvian, boleh nanya gk sedikit ttg TA nya (mikrostrip)
      cuma mw nanya, mencari pnjang dan lebar penyesuai impedansi dan pencatunya,,
      caranya gmn ya mas? mendapatkan nilainya?
      trimakasih byk..

  4. Drama Queen says:

    πŸ™‚
    credit of “harus menemukan benang merahnya” also belonged to you

    can’t wait to read more stories in catatan kecil πŸ™‚

  5. Ari Kuncoro says:

    pretty sure… cuma tulisan lu dah ok banget men… mangtabs… πŸ™‚

  6. alvanalvian says:

    @Ari
    Tengkyu Ri..

Leave a Reply

