Busway or Transjakarta?

Apakah ada yang tau sebenarnya angkutan umum yang amat terkenal di Jakarta ini ialah Busway atau Transjakarta? Sering denger kan percakapan sehari-hari :

A : Eh, lo berangkat ke kantor naik apa?

B : Naik Busway

A : Wah..enak ya naik Busway, ga kena macet..

B : Iya sih, paling ngantrinya aja lama kalo lagi jam pulang kantor

dst..

Kalau menurut gua sih seharusnya disebut Bus Transjakarta ya. Karena kalau diartikan secara harfiah Busway kan Jalur Bus ya, bukan nama Bus/Perusahaan Penyedia Layanan. Jadi kalau ada temen gua yang nyebut Busway, biasanya iseng gua koreksi “naik transjakarta kalee..”. Nah,..berhubung hampir semua orang yang gua kenal menyebut “busway”, gua jadi penasaran juga, mana yang bener sih Busway apa Transjakarta. Iseng-iseng barusan gua googling dan nemu situs resmi Transjakarta di www.transjakarta.co.id.

Dilihat dari bagian profil, tertulis bahwa “Transjakarta merupakan lembaga struktural dan menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Perhubungan yang mendapat kewenangan pengelolaan keuangan berbasis PPK-BLUD, yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna busway”. Lalu, dibagian visi tertulis :

Busway sebagai angkutan umum yang mampu memberikan pelayanan publik yang cepat, aman, nyaman, manusiawi, efisien, berbudaya dan bertaraf internasional.

Kalau dilihat dari penggunaan kata Busway diatas, kayaknya sih Busway merupakan “angkutan” nya alias diasumsikan sebagai bus nya, bukan sebagai istilah jalur bus. Kalau benar demikian, berarti gua yang salah selama ini sok-sok-an ngoreksi temen yang nyebut busway. Sorry guys.. :p

Tapi masih ada satu pertanyaan yang berkecambuk dipikiran gua, penamaan busway sebagai nama angkutan/bus ini darimana datangnya ya? Agak aneh aja kok bisa ngasih namanya kayak gitu. Atau jangan-jangan penamaan itu merupakan ketidaksengajaan seseorang yang bikin palang/marka busway di awal pengoperasian Transjakarta Busway tahun 2004 dulu? Well, who knows.. :p

image : www.kassa9.comhttp://ybadrianto.wordpress.com/2011/10/10/selalu-ada-korban-dijalur-bus-transjakarta/

About alvanalvian

my name is alvan
This entry was posted in Catatan Harian and tagged , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Busway or Transjakarta?

  1. Jofa says:

    Visinya aja udah ngaco, mana ada angkutan yang bisa memberikan pelayanan. Angkutan itu benda, yang memberikan pelayanan ya orang ato lembaga.

    Gw sendiri selalu mengartikan busway sebagai sistemnya, sedangkan transjakarta lembaganya. Imho mustinya namanya ya bus transjakarta

    • alvanalvian says:

      Setuju Jof!!
      Busway : Sistem Transportasi Publiknya
      Transjakarta : Lembaga/Perusahaan Pengelola

      Sebenernya secara bahasa kan udah jelas ya..
      Aneh memang.. (_ _’)

      Pantesan sekarang syaratnya TOEFL kudu 600
      hihihi.. :p

      *tapi kalo 600 gua jg belom tentu bisa.. :p

  2. Asop says:

    Hyahahahaha, hal ini juga membuat saya gemas pengen nge-post tentang istilah “busway”, udah keduluan ternyata… :mrgreen:

    Saya aja yang bukan orang Jakarta sampe terheran-heran, sejak kapan “jalur bus” disamakan sebagai bus. 😆

    Ah tapi apa daya, biarlah, orang2 sudah terbiasa menggunakan istlah busway. 😐

  3. alvanalvian says:

    Yoi..
    Malu ga sih kalo ada tamu dari negara tetangga serumpun yang dateng Ke Jakarta dan denger Busway..
    Bisa diketawain kita..
    Hahaha..

  4. -dims says:

    busway, the way of bus….

    *halah*

Leave a Reply

