10 Years

Berawal dari buka timeline dan ga sengaja liat tweet @987genfm, baru sadar kalau hari ini tepat 10 tahun film AADC tayang premier di bioskop-bioskop Indonesia pada tanggal 8 Februari 2002 lalu. Masih ingat kan dengan poster ini :

Film sederhana yang mengisahkan percintaan antara sepasang anak SMA bernama Rangga (Nicholas Saputra) dan Cinta (Dian Sastrowardoyo) ini ikut menandai bangkitnya perfilm-an Indonesia yang ketika itu katanya sih sedang tertidur. Duet Riri Riza & Mira Lesmana (Produser), Rudi Soejarwo (Sutradara) serta Melly Goeslaw & Anto Hoed (OST) berhasil menempatkan film ini di peringkat tertinggi box office nasional selama beberapa tahun kebelakang.

Karena suksesnya waktu itu sampai-sampai banyak permintaan dari penggemar untuk dibuatkan versi sinetronnya yang kemudian diperankan oleh Ririn Dwi Aryanti dan Revaldo. Bahkan nama “Rangga” dan “Cinta” jadi semacam tren tersendiri  di kalangan anak muda ketika itu.

8 Februari 2002 – 8 Februari 2012

10 tahun yang lalu, saya masih kelas satu sma. Walaupun serasa seperti baru kemarin, ternyata banyak hal yang terjadi selama 10 tahun kebelakang : sma, kuliah, bekerja. Sudah ada 3 fase kehidupan yang dilewati dalam 10 tahun tersebut.

3 Tahun di SMA

Kalau kata orang-orang sih ini masa pencarian jati diri dan peralihan dari ABG menjadi sedikit dewasa. Masa-masa dimana kita berjuang supaya bisa lulus UAN dan diterima di Perguruan Tinggi impian kita. Untuk beberapa orang masa-masa dimana mareka mulai mengenal kisah kasih di sekolah (haiyyaahh.. dangdut bener bahasanya), kecuali saya*. :p

4.5 Tahun Kuliah

Kok 4.5 tahun? Bukannya cuma 4 tahun ya kalau S1? Iyee.. dulu pas kuliah saya banyak mendalami beberapa mata kuliah, jadinya molor dikit lah :p. Kuliah adalah fase pembentukan karakter diri, secara di kuliah pola berpikirnya udah berbeda dan memang kuliah menuntut analisa dan pemahaman yang berbeda dibanding ketika SMA. Kalau pesen dosen saya dulu, “Banyaklah berbuat salah pada saat kuliah, karena ketika kamu kerja nanti, kamu tidak boleh berbuat salah karena akan fatal akibatnya”  dan “Mahasiswa itu minta maaf, bukan minta izin”.

Inti yang saya tangkep sih, kuliah bukan hanya belajar akademik dan dapat nilai bagus, jangan takut belajar hal baru untuk menambah pengalaman buat bekal kita nanti saat terjun ke masyarakat. Belajar mengaplikasikan ilmu ke dalam dunia nyata, belajar berorganisasi, belajar berinteraksi dengan teman-teman dari sabang sampe merauke, belajar mengamati politik & kondisi negara, dllnya.

2 Tahun Kerja

Welcome to the real world, Welcome to the Jungle!! 

Itu biasanya yang diucapkan teman kita yang sudah bekerja atau lulus duluan ketika kita wisuda dan siap untuk mencari pekerjaan. Moment dimana kita harus terjun langsung ke masyarakat, and you’re on your own brother!!

Masa-masa dimana kita dihadapkan pada realita hidup, bahwa teori dan kondisi nyata sangat berbeda. Yang tadinya naif jadi skeptis, yang tadinya optimis jadi pesimis, yang tadinya idealis jadi realistis, dllnya. Dan disini, mental dan iman kita sangat diuji. Apakah kita akan ikut arus, melawan arus atau menyebrangi arus yang ada? The choice is yours!!

.….

So, walaupun tadinya saya merasa cepat sekali waktu berlalu, tapi bila menilik kehidupan kebelakang ternyata 10 tahun itu ga sebentar rupanya. Banyak hal dan kejadian penting yang terjadi dan membentuk kita menjadi seperti kita yang saat ini. Dan apa yang kita lakukan saat ini yang akan membentuk kita di tahun – tahun mendatang. So, jangan lupa bersyukur atas apa yang telah kita raih dan dapatkan selama ini, serta berusaha untuk masa depan yang lebih baik.

OKE CHAMP!!!

Advertisements

About alvanalvian

my name is alvan
This entry was posted in Catatan Harian and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s