Kelas Inspirasi Bekasi

KIJadi ceritanya dulu udah pernah nyoba apply buat Kelas Inspirasi di Jakarta, tapi sayangnya ga lolos. Nah, begitu denger temen baik gua ini jadi kordinator untuk KI Bekasi langsung deh gua submit cuti di hari KI tersebut. Awalnya cuma pengen liat aja kayak gimana jalannya KI, gimana pengajar menceritakan pengalaman dan profesinya ke murid-murid SD, karena bingung juga “secara” pekerjaan gua di perusahaan sekarang kan bukan jalur profesi, mau jelasin apapula ini ke bocah-bocah SD. Tapi iseng-iseng besoknya gua submit buat jadi pengajar, siapa tau bisa diterima, walaupun blom kepikiran buat ngajarin apa. :p

Singkat cerita gua diterima (fast forward : ON) dan berada di kelompok 2, dapetnya di SD Margahayu 22 di Bekasi Timur (lumayan deket dari pintu tol Bekasi Timur). Pergilah saya survey kesana sekitar seminggu sebelumnya, ternyata posisi SD nya ini rada kejepit diantara perumahan dan belakang ruko-ruko. SD nya hanya punya 3 kelas dengan pembagian :

Kelas 1 : 07.00 – 09.30, Kelas 2 : 09.30 – 12.00, Kelas 3: 12.00 – 17.00, Kelas 4: 12.00 – 17.00, Kelas 5: 07.00 – 12.00, Kelas 6: 07.00 – 12.00

Yups, karena cuma ada 3 kelas, jadinya kelas 3 dan 4 masuk siang, total murid dari kelas 1 – 6 cuma 116 orang. Guru nya hanya ada 12 orang, kebanyakan udah senior a.k.a 40 tahun keatas. Lapangan Olahraga cuma ada satu dan besarnya ga lebih dari lapangan bulutangkis yang juga barengan sama SD sebelahnya, SD Margahayu 15 yg kondisinya ga jauh beda sama SD Margahayu 22 sendiri. Dulunya SD Margahayu 15 dan 22 itu satu sekolah, tapi karena favorit dan kebanyakan murid, harus dipecah jadi 2 sekolah. Sekarang kondisinya cukup miris, kelas 6 hanya ada 5 orang, kelas 1-5 masing-masing hanya 20an murid per kelasnya. Kenapa bisa demikian? Karena kebanyakan murid-murid disana orang tuanya merupakan buruh pabrik, pemulung atau pedagang pasar. Ga sedikit yang sekolah 1 – 2 tahun lalu pindah atau ga meneruskan, beberapa dari yang lulus SD ga melanjutkan ke SMP, dllnya.

photoItu sedikit cuplikan informasi yang bisa didapat ketika survey kesana dan berbincang-bincang dengan guru disana. Bikin merinding dan sedih + malu sama kondisi diri yang dulu sekolah enak tapi malesnya bukan main.

Keesokan harinya kumpul sama kelompok 2 di Plaza Semanggi, ada 4 pengajar dan 1 fotografer pada kelompok kami.
Mbak Wulan : Dosen Sipil yg awet muda. Pernah ikutan KI Depok sebelumnya.
Petra : Kerja di Konsultan namun memilih Profesi sebagai Traveller pada KI Bekasi ini. Doi ini dulunya seniro saya di kampus.
Bimo : Kerja di KPU. Sang ketua kelompok kita.
Alvan a.k.a saya sendiri : Kerja di Operator Telekomunikasi
Arie : Fotografer kita. Udah pernah ngajar waktu di  KI Jakarta, bekerja di bidang Farmasi.

Kita kumpul cukup lama untuk membicarakan teknis pengajaran, pembagian kelas, penutupan acara dan printilan lain yang musti dipersiapkan. Untuk ada Mbak Wulan dan Arie yang udah pengalaman, jadinya cukup dapat gambaran buat hari-H.

1
ki-ka : Petra – Mbak Wulan + Anaknya – Bimo – Saya – Arie

Tibalah hari-H tanggal 11 September 2013. Saya hanya mempersiapkan slide presentasi berupa konsep dasar Telekomunikasi dan Skype buat video call sama temen di luar negeri. Deg-degan juga sih bakal garing, tapi Alhamdulillah berjalan lancar. Anak-anak antusias, mulai dari kelas 1 samapai kelas 6, apalagi ketika skype sama temen yang di luar negeri, langsung heboh dan berebutan supaya bisa tampil di layar. Kejadian yang ga diduga waktu masuk kelas 3 dan 4, pas lagi nerangin di depan tiba-tiba ada yang teriak “Pak itu mereka berantem tuh”, yups ada 2 anak laki-laki lagi berantem di pojokan, saling pukul dan tendang. Untung aja bisa dipisahin, kalau engga bingung juga mau diapain ini 2 bocah.

Ini ada sedikit foto candid (beneran candid :p) pas ngajar kelas 1 dan 2. Kalau foto yang dbawah itu pas lagi wawancara untuk dokumentasi acara.

photo_1Sehabis ngajar ada acara penutupan kecial di tengah lapangan. Masing-masing anak menuliskan cita-citanya pada papan plastik yang kita sediakan, agar nanti bisa dipajang di Kelas (@Kelompok2, kapan mau mampir kesana buat nyerahin papannya?). Abis itu kita ada yel-yel dan nyanyi lagu bareng kelompok 1 dari SD Margahayu 15.

3Foto bareng guru dari SD Margahayu 22.

4 sempet masuk tweet KI Bekasi :p

Mohon maaf postingan ini tidak bisa bercerita banyak, karena udah agak lama nulisnya jadi sisi emosionalnya ga bisa dituangkan deh. Hanya ingin menuliskan apa yang ada di kepala aja, takutnya lupa ga sempet ditulis.

Rabu, 25 September 2013. Wisma Mulia lt.20. 10:38 PM.

About alvanalvian

my name is alvan
This entry was posted in Catatan Harian and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Kelas Inspirasi Bekasi

  1. its nice article
    salam Antena Tv Wajanbolic

  2. amiezahra says:

    Wiwww cik gu Alvan ceritanys bgus lanjutin, soal anak-anak skype buat video call keluar negri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s