Volunteer

Sekitar dua minggu lalu saya mendapat email dari teman sekelas saya tentang ajakan untuk volunteer kegiatan Stop Hunger Now di dekat kampus. Intinya sih kita bakal bantuin untuk unloading bahan-bahan makanan yang akan disumbangkan ke beberapa negara/daerah yang membutuhkan. Berhubung jatuhnya di hari Sabtu dan bisa pilih di salah satu shift aja, jadilah saya apply. Sekalian mau ngerasain volunteering activity disini. Biar afdol jadi mahasiswa W&M nya, secara mahasiswa sini eksis bgt ikut kegiatan volunteer.

Datanglah hari ini saya ke sebuah gereja di dekat kampus, kebetulan organisasi ini menggunakan salah satu aula serba guna di gereja tersebut untuk packing makanannya. Mungkin karena di Williamsburg demographic nya sangat unik, kebanyakan yang datang udah umur 55 keatas. Makanya butuh tenaga mahasiswa buat ngangkut yang berat-berat. Tapi salut euy sama mereka-mereka ini, datang bergandengan tangan sama suami/istri nya dan semangat banget mau jadi sukarelawan.

unloading bahan makanan

unloading bahan makanan

Bahan-bahan makanan yang kita packing terdiri dari beras, dry soybean, vitamin, dry vegetables dijadiin satu paket. Target hari ini kita bisa nyediain 40,000 paket makanan. Banyak juga ya, awalnya ga kebayang bakal beres dalam waktu 4 jam. Tapi karna kita bikin asemacam assembly line gitu, trus yang dateng jg lumayan banyak, ada sekitar 100-an orang, dalam waktu beberapa menit bisa dapet 100 paket. Tiap kelipatan 100 ada yang bunyiin gong gitu, jadinya pada semangat.

assembly line

assembly line

Keliatan kan ini mayoritas udah seumuran opa oma yang kerja atau cucu-cucu nya yang dateng bantuin. Tapi mereka semangatnya luar biasa, sambil nyanyi dan joget gitu kerjanya. Akhirnya kita-kita yang awalnya tepar abis angkut berat jadi semangat lagi. Malu juga kalau kalah sama mereka. Hahaha..

Intinya seneng aja hari ini, walaupun lumayan tepar (maklum jarang olahraga dan ke gym). Ternyata masih banyak orang yang peduli sesama walaupun berada di belahan dunia yang berbeda. Salut sama oma dan opa disini yang mandiri dan tetep eksis. Mudah-mudahan nanti saya di umur segitu masih tetap bisa bantu orang lain, karena tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah.

Advertisements

About alvanalvian

my name is alvan
This entry was posted in Catatan Harian and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s